--------- Penjelajah Ulung --------- by Sindi Ifan (El Revisor Tendencia)

Penjelajah Ulung! Its a Trend Reviewer Blogsite (Share & Learn). Let's Be Yourself with New Perspective! :)

Not Just a Jeans

By 21.18 , , , , , , , , , , , , , ,


Not Just a Jeans


Jeans with Fading
            Jeans, jenis celana yang sangat digandrungi setiap orang dari masa ke masa. Tua, muda, kaya, miskin, semua menggunakan jeans. Berdasarkan hal tersebut, entah mengapa saya yakin bahwa setiap orang memiliki minimal 1 jenis celana ini dilemari pakaiannya, bisa itu dipakai atau tidak. Contohnya teman saya yang tidak pernah menggunakan jeans pun dilemarinya tetap ada 2 buah jeans walaupun dalam keadaan terbengkalai. Hal ini membuktikan bahwa Jeans adalah celana sejuta umat dan tidak heran jika penggila celana jeans sangatlah banyak. Mereka membentuk suatu wadah komunitas untuk berbagi pengetahuan antar sesama pengguna Jeans. Sehingga menjadi ciri khas tersendiri bahwa dari sebuah jenis celana, komunitas dapat terbentuk. Saya ambil contoh riilnya, dimana suatu waktu teman saya justru malah merasa aneh sendiri ketika dirinya tidak memakai jeans disaat semua orang memakai jeans. Dia akhirnya mencoba jeans atas saran dari orang tuanya dan keinginannya untuk mencoba. Namun memang karena dia sangat menyukai celana cargo sehingga akhirnya dia menganggap jeans sebagai celana dengan tingkat kegatalan yang tinggi. Jadi permasalahan sebenarnya hanya rasa gatal saja, namun dia tetap bisa pakai saat misalnya dalam keadaan darurat. Dari contoh ini saya ambil kesimpulan bahwa sepertinya tidak akan ada masa dimana tidak ada lagi orang yang memakai jeans.

        Not Just a Jeans yang saya maksud disini adalah Jeans itu tidak hanya sebuah celana yang orang-orang pakai sehari-hari. Menurut saya Jeans sangat valuable dan unik. Mungkin bagi sebagian orang, Jeans adalah celana berbahan denim yang dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti bepergian, jalan-jalan dan hal lainnya. Namun lebih dari itu, Jeans adalah satu-satunya celana yang dapat membuat orang tergila-tergila dan mengandung unsur kustomisasi. Layaknya sebuah kendaraan bermotor, kita dapat melakukan variasi-variasi tertentu pada jeans kita. Salah satu variasi itu adalah sebuah pola guratan yang terbentuk akibat segala aktivitas pemakainya. Dan itu biasa disebut sebagai Fading.

        Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, Fading bisa berarti kabur. Dapat juga berarti suatu perubahan warna. Dalam konteks jeans, yang lebih tepat adalah perubahan warna pada bagian-bagian tertentu (biasanya berwarna putih atau abu) yang disebabkan oleh keluarnya pigmen warna denim (indigo) itu sendiri. Biasanya fading terjadi karena sang pemakai jeans sering memakainya namun jarang mencuci jeansnya. Saya sendiri bukan pecinta denim dan bukan pengamat denim, tapi hanya berdasar pengetahuan saya melihat teman-teman yang menyukai produk denim. Mereka mencoba untuk melakukan teknik fading yang bervariasi mulai dari sea wash, jongkok, tidak mencuci selama mungkin, menaruh dompet dan knuckles di saku belakang hingga tidur bersama jeans. Saya merasa bahwa ini jeans yang mereka pakai hanya sekedar jeans, melainkan lebih dari itu. Jeans adalah pengaplikasian identitas dan kepribadian mereka. Ketika mereka berhasil melakukan fading yang indah, maka disitulah rasa puas mereka tercapai. Kebanggaan mempunyai jeans yang telah memiliki titik fading adalah rasa yang tidak dapat dibeli oleh uang.


Sumber Gambar : google.co.id

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah ternyata jeans itu kompleks yaaa... Menarik banget!! :D

    BalasHapus