--------- Penjelajah Ulung --------- by Sindi Ifan (El Revisor Tendencia)

Penjelajah Ulung! Its a Trend Reviewer Blogsite (Share & Learn). Let's Be Yourself with New Perspective! :)

Membahagiakan Anak Sampai ke Kota Seberang

By 17.38 , , , , , , , , , , ,

Potret Waktu Luang Ibu Maryani

27 September 2015

Nama : Maryani
Usia : 24 tahun
Domisili : Jatinegara, Jakarta Timur
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Membahagiakan Anak Sampai ke Kota Seberang

         
    Informan saya selanjutnya adalah Ibu Maryani yang sehari-harinya merupakan ibu rumah tangga. Kala itu, saya mewawancarainya ketika sedang menemani anaknya bermain kereta mini di Taman Ade Irma Suryani, Taman Topi, Bogor. Beliau mengungkapkan bahwa dirinya sering bermain ke kota Bogor bahkan dapat dikatakan hampir setiap minggu ke Bogor karena permintaan anaknya. Anak-anaknya senang untuk bermain di Taman Topi karena cukup banyak permainan yang ditawarkan sekaligus anaknya juga menyukai berjalan-jalan menggunakan kereta sehingga setiap weekend Ibu Maryani mengajak anaknya bepergian menggunakan kereta. Selain itu kebetulan rumah Ibu Maryani terletak di dekat stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. “Palingan kalo ke Bogor kesini aja soalnya disini dekat banget sama stasiun terus terjangkau juga. Sama kalo ke Jakarta paling ke Ragunan aja buat lihat-lihat binatang”. Ibu Maryani ke Bogor membawa ketiga anaknya beserta nenek dan adik perempuannya.

        Ketika ditanya soal tanggapannya mengenai kota Bogor, Ibu Maryani mengatakan bahwa beliau telah melihat cukup banyak perkembangan dari kota Bogor itu sendiri. Wisata-wisata yang sudah bervariasi dan fasilitas-fasilitas yang semakin banyak membuat dia sering memilih kota Bogor sebagai tujuan wisata khususnya untuk anaknya. “Kalo di Jakarta gak gitu banyak mas yang kayak gini terus jauh juga dari rumah. Mendingan ke Bogor aja deh sekalian cari suasana baru kan” tuturnya. Bagi dirinya, liburan itu adalah wisata yang dapat menyenangkan pikiran serta membahagiakan anak apalagi anak-anak yang tergolong masih kecil. Oleh karena itu, anaknya tidak dapat beliau tinggalkan dirumah. “Kalo di Taman Topi ini sambil anak main kan bisa juga ngobrol-ngobrol sama keluarga. Tapi saya sih lebih ngikutin anak aja maunya apa. Anak saya itu nagih kalo gak kesini. Dia suka banget sama kereta-keretaan” tambah beliau saat ditanya mengapa dia memilih Taman Topi sebagai destinasi liburannya.

             Menurut Ibu Maryani, sebagai destinasi wisata Bogor masih memiliki kekurangan soal kuliner terutama untuk anak-anak. Kuliner di kota Bogor tidak banyak bervariasi khususnya dikawasan Taman Topi padahal itu adalah destinasi wisata untuk anak-anak. Harapan Ibu Maryani, bagi wisata-wisata yang mayoritas pengunjungnya anak-anak harus juga dapat menyediakan makanan atau minuman yang berhubungan dengan anak-anak. “Kita kan khawatir juga ya kalo anak-anak makannya makanan orang dewasa terus kayak Bakso, Mie Ayam, Ketoprak gitu-gitu. Gak bagus buat mereka” ujarnya. Lalu untuk kuliner yang sifatnya kedaerahan, Ibu Maryani merasa sudah cukup bosan karena sudah sangat sering ke kota Bogor sehingga ia tergolong jarang membeli oleh-oleh kecuali ada titipan. “Udah bosen sih kalo oleh-oleh, paling ya kalo dulu belinya Lapis Talas, Asinan Bogor sama Mochi-mochi. Paling seringnya justru malah pulang dari sini suka beli topi di depan, bukan kulinernya” ujarnya.


          Menyambung soal aspek lainnya, menurut Ibu Maryani kota Bogor sudah memberikan kenyamanan untuk dia dan anaknya dalam berlibur. Namun, tetap perlu ada peningkatan terus menerus supaya lebih baik lagi terutama dari keamanan, kenyamanan dan kebersihannya. Contohnya adalah kereta-kereta mini di Taman Ade Irma Suryani ini yang sudah mulai terlihat kurang baik dan sudah tidak nyaman lagi bagi anak-anak saat bermain. Sehingga perlulah untuk segera diremajakan atau diperbaiki agar terlihat lebih rapi, nyaman saat dimainkan dan indah. “Sekarang soal kebersihan udah jauh lebih baik lah dibandingkan dulu. Pas saya masih kecil dulu, saya kan pernah main kesini terus ya perawatannya kurang. Kadang banyak bekas bungkus nasi sama minuman gitu” tambahnya. Lalu dari segi harga menurutnya Taman Topi sudah sangat terjangkau dan membuat dia tidak keberatan jika mengajak anaknya bermain di Taman Topi setiap minggu. “Ya sejauh ini sih baik-baik saja kalo ke Bogor, belum ada pengalaman buruk gitu. Makannya setiap weekend ya suka kesini”.

Sekian :)

Follow Instagram & Twitter

@Ifanjr

#bogorleisureproject
#gobogor

Tunggu kisah informan lainnya hanya di


You Might Also Like

0 komentar